Wednesday, June 05, 2013
13
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh ...
Apa kabar Anda? Semoga hari ini menjadi hari yang indah bagi Anda. Kita berjumpa kembali dalam suasana damai dan penuh semangat.
Kembali author blog ini berbagi  pengalaman dan sedikit pengetahuan tentang cara mengelola data dengan Microsoft Excel 2010. Dan pada Microsoft Excel 2010 tutorial ini, topik yang akan menjadi ulasan adalah Fungsi Freeze Panes di Ms Excel 2010 atau cara Freeze Panes pada Ms Excel 2010 .
Fungsi Freeze Panes pada Ms Excel 2010 sebagai pembatas bagian header dan left coulomnJika Anda mengelola data yang menggunakan kolom serta baris yang banyak tentunya agar repot jika harus mengisi data pada kolom dan baris yang jauh misalnya pada kolom M dan baris yang ke 200 atau dengan kata lain pada Cell M200. Karena mumpung ingat dengan nama kolom atau data pada baris paling kiri.
Untuk itu dengan Freeze Panes ini persoalann itu dapat teratasi.
Caranya?
Letakkan kursor atau arahkan mouse pada Cell yang akan menjadi pembatas sebagai acuan baik pada bagian atas maupun bagian kiri dari lembar kerja.
Pada contoh gambar di bawah ini saya meletakkan kursor tersebut pada Cell C5. Dan setelah itu aktifkan Freeze Panes dengan cara mengklik Menu View pada Menu ribbon, selanjutnya pilih menu Freeze Panes.

Fungsi Freeze Panes pada Ms Excel 2010
Fungsi Freeze Panes pada Ms Excel 2010 sebagai pembatas bagian header dan left coulomn
Perhatikan pada baris ke 4 dan langsung ke baris ke 29 artinya baris ke 5 sampai dengan baris ke 28 menggulung dan selalu siap untuk ditampilkan kembali dengan memainkan scroll pada mouse keatas atau ke bawah. Dan ini tidak sama dengan hide kolom maupun hide baris.
Begitu pula dengan kolom C sampai dengan kolom D juga siap ditampilkan dengan menggeserkan horizontal scroll bar yang terletak pada bagian bawah sheet.
Semoga Microsoft Excel 2010 tutorial ini dapat bermanfaat bagi Anda. Dan tentunya Fungsi Freeze Panes pada Ms Excel 2010 ini dapat memberikan pengalaman baru bagi yang memang belum tahu.

Mempawah, 05 Juni 2013.
Salam blogger

13 comments:

  1. assalam sobat,, :)

    wahh ilmu baru nii,
    trims yea tas ilmunya bang :)
    salam silaturrahmi bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bustan :
      bukan ilmu baru sih, hanya mungkin jarang digunakan. Freeze itu hanya untuk memberikan efek penggulungan tetapi dgn header yg konstan.
      salam kembalii

      Delete
  2. salam boss, tepat sekali tips yang disampaikan, apalagi kalo record nya sampai ratusan bahkan bisa ribuan, jelas kerepotan untuk menggulung layar kekiri kana, atau atas bawah, langkap tepat ya seperti yang disampaikan pada artikel ini.

    terima kasih sudah berbagi bro.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @TCC :
      ya.... salamnya diterima. kalau ribuan,..., kayak dadar gulung sob...., he...he.... yang untuk spreadsheet banyak kemudahan jika benar2 diketahui. semoga artikel ini dapat mempermudah bagi yg baru mengenal excel.

      Delete
  3. makasih sob,..kebetulan saya memakai ini untuk dokumen excel yang panjang dan lebar :)

    ReplyDelete
  4. selamat malam boss, blog ini sudah saya review di alexa boss, tolong review balik ya. SBY (Salam Blogger Ya) kata mas Eddy Wijaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @didit :
      Iya.. excel yg panjang dan lebar kalau tidak diaktifkan freeze nya bisa mata berkunang-kunang. he...he...
      @TCC :
      Iya makasih sob, nanti saya review juga.

      Delete
  5. Replies
    1. @Klik Lowongan :
      makasih juga untuk kunjungannya pada fungsi freeze.

      Delete
  6. ternyata gitu caranya, ane sering liat yang difreeze tapi gabisa buatnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @fastestmagz :
      freeze panes pada excel worksheet hanya untuk memberikan efek menggulung, dan membuat bagian kolom dan baris yg konstan sehingga mudah menatakerjakan data dengan jumlah baris dan kolom yang banyak.
      terima kasih sudah berkomentar

      Delete

 
Back To Top