tutorial office

Friday, November 28, 2014
19
Pada Microsoft Word, membuat nomor urut tidak seperti MS Excel . Biasanya bagi pengguna Microsoft Word, untuk membuat nomor urut selalu mengetikkan satu persatu nomor urut tersebut.
Pada tutorial ini, saya mencoba memberikan tip untuk membuat nomor urut dengan cepat baik dalam bentuk penomoran pada tabel di Microsoft Word maupun bentuk penomoran dalam bentuk teks.
Membuat Nomor Urut di MS Word dengan cepat untuk tabel di MS Word.
Trik Cepat Membuat Nomor Urut di MS Word

Jika Anda membuat tabel dengan banyak kolom, misalnya 5 kolom maka yang perlu diarsir (seleksi adalah kolom yang akan di buatkan nomor urutnya) dan biasanya selalu pada kolom pertama.

Pada Microsof Excel ada beberapa cara membuat nomor urut misalnya dengan fill series atau dengan fungsi.
Lihat juga : membuat nomor urut pada Microsoft Excel.

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Memilih menu untuk membuat tabel
Jika Anda menggunakan Microsoft Word 2010,maka hal yang perlu dilakukan adalah mengklik tombol Insert, diikuti dengan memilih Table dan dibagian bawah ada pilihan yaitu Insert Table.

2. Menentukan jumlah kolom dan baris


Trik Cepat Membuat Nomor Urut di MS Word
Jika ingin membuat tabel dengan 5 kolom maka pada Number of Columns diisi angka 5 dan jika ingin membuat baris pada tabel Anda hingga 100 baris, maka isikan pada Number of Rows dengan angka 100. Pada contoh ini, saya hanya membuat cukup 5 kolom dan 10 baris saja.

3. Membuat Tabel
Trik Cepat Membuat Nomor Urut di MS Word

4. Menentukan kolom yang akan diberi nomor urut
Tahap berikutnya adalah mengarsir kolom yang akan dipasang nomor urutnya yaitu pada kolom pertama, sehingga kelihatan seperti gambar berikut :
Trik Cepat Membuat Nomor Urut di MS Word


5. Memilih Menu untuk membuat nomor secara cepat dan otomatis
Masih dalam keadaan terarsir seperti gambar diatas, arahkan kursor mouse Anda pada menu ribbon dan pilih Home. Pilih menu penomoran (numbering) seperti kelihatan pada gambar berikut .

Trik Cepat Membuat Nomor Urut di MS Word

Selain membuat nomor urut sesuai dengan fitur depault (bawaan), Microsoft Excel juga menyediakan fungsi rumus yang dapat direkayasa untuk membuat nomor urut secara otomatis.
Mungkin artikel berikut dapat membantu Anda : Membuat Nomor Anggota di MS Excel.

Pilih salah satu model penomoran Anda, dan klik, maka tabel Anda sekarang sudah mempunyai nomor berurutan sesuai dengan jumlah baris yang Anda buat tadi.

Trik Cepat Membuat Nomor Urut di MS Word

Anda dapat membesar atau mengecilkan kolom tersebut sesuai dengan kebutuhan. Bagaimana dengan penambahan baris berikutnya? Karena proses penomoran ini menggunakan format otomatis, maka jika Anda menambah baris baru maka nomor secara otomatis akan bertambah sesuai dengan jumlah baris baru yang Anda buat.
Semoga Tutorial Microsoft Word ini dapat memberikan manfaat bagi Anda.

SEMOGA ARTIKEL INI DAPAT MEMBANTU ANDA
--------------------------------------

19 comments:

  1. trik yang sangat bagus dan berguna, makasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..., semoga ini bisa diterapkan terutama bagi pemula. terima kasih sudah blogwalking disini. sukses selalu untuk Anda

      Delete
    2. ijin follow blog ma twitr-nya dong

      Delete
    3. silakan jika mau follow...he..he... (h) hanya saja kalau twitter saya malah sudah lama tidak aktif, ini juga sudah tahunan tidak blogging. baru mau mulai lagi...,

      Delete
  2. Trik yang sangat jitu nih untuk digunakan :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah triknya, semoga bermanfaat. Dan terima kasih sudah berkunjung. Semoga Kang Dangstar dalam keadaan bahagia dan penuh senyum selalu.

      Delete
  3. Saya malah buat nomornya di Excel dulu trs copas ke Word. Mantap jg triknya, jd gak bolak-balik ke Excel.. hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga sekarang sudah tidak lagi bolak-balik dari excel ke ms word he...he..., (h) Selamat mencoba

      Delete
  4. kebetulan sedang bikin laporan tahunan pake Ms word dengan nomor urut bisa sampai 50, dengan cara di atas jadi memudahkan banget nih.
    makasih ilmunya yea

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya... nih sudah desember akhir tahun, semoga dengan membuat nomor yang lebih mudah dapat menjauhkan Akang dari minyak urut ;(( (karena jari bisa keriting jika pakai cara biasa). semoga laptah nya cepat selesai.
      "SELAMAT MENYAMBUT TAHUN BARU 2015"

      Delete
  5. wah sudah lama sekali nih kaga main kesini. blognya makin keren ajan nih (h) seonya nyampe 100%

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga sudah lama tidak menambah posting, ini juga disempatkan. terima kasih sudah berkunjung kembali dan maaf pula karena baru sekarang menanggapi komentar sobat. tentang SEO saya banyak belajar dari tutorial ahlinya blogger.
      Salam persahabatan

      Delete
  6. .. keren nich,, oia tuk pesenan aq dulu pernah aq tanyaai tentang di excel. jika ketik nomilannya, lalu cara nya secara langsung dikolom bawahnya langsung menyebutkan dalam ketikan kata penyebutan nya gimana tuch?!? ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karena lupa atau karena saya tiba-tiba vakum di dunia maya jadinya belum saya tanggapi tentang pertanyaan @Vpie ( maaf ).
      Coba deh cari diblog ini dengan label "TERJEMAHAN UANG DI MICROSOFT EXCEL", disitu saya posting dengan beberapa seri. rumus menterjemahkan nilai nominal menjadi kalimat yang menjelaskan sejumlah tertentu. Dan ini murni rumus dari MS Excel tanpa script dari visual basic
      Semoga cara membuat jumlah terbilang tersebut dapat membantu Anda.
      Dan terima kasih pula telah berkunjung kembali :)

      Delete
  7. Maaf klo ganti halaman, misalnya halaman 2 ms word, dimulai nomer 7 bagaimana cara membuat otomatis yg dimulai dari nomer trtntu? Terima kasih.

    ReplyDelete
  8. akan dicoba dulu gan.. thanks..

    bagi agan yang berminat belajar komputer adminstrasi bisnis bisa dilihat di situs berikut ini bhttp://www.computer-course-center.com/komputer-aplikasi-bisnis-dan-administrasi-perkantoran.html

    ReplyDelete
  9. Makasih mas ..mampir ke blog saya mas ridlowrites.com

    ReplyDelete
  10. Makasih mas mampir cuka ke blog saya https://www.ridlowrites.com/cara-redirect-halaman-error-404-di-wordpress/

    ReplyDelete

 
Back To Top