Untuk membuat nomor urut pada Microsoft Excel itu banyak caranya. Untuk itu saya mencoba merangkum cara membuat nomor urut tersebut. Dengan Cell-Cell nya yang simple, Microsoft Excel memberikan suatu kemudahan bagi penggunanya, yang penting tahu akan masing-masing fungsi-nya.
1. Membuat nomor urut secara manual
Cara ini biasanya dilakukan oleh pemula atau yang baru mencoba-coba menginput data di Microsoft Excel.
2. Dengan Fill Series
Cara Membuat Nomor Urut Pada Microsoft Excel sudah pernah dibahas pada posting saya yang berjudul MEMBUAT NOMOR URUT DENGAN FILL SERIES PADA MICROSOFT EXCEL. Silakan kunjungi tutorial tersebut.
3. Dengan Drag and Drop
Dengan Drag dan Drop juga dapat mempercepat proses pembuatan nomor urut, sehingga mempermudah dan mempercepat pekerjaan sobat-sobat sekalian.
Ketik (input data) terlebih dahulu secara manual pada Cell B4 dengan
angka 1 dan pada Cell B5 dengan angka 2. Selanjunya mulai dari Cell B4
sampai dengan kebawah (batas anda tentukan sendiri). Tetapi pada contoh
dimulai dari Cell B4 sampai dengan Cell B25 seperti pada gambar berikut :
Ini adalah cara yang berbeda dari ketiga cara diatas, yaitu menggunakan fungsi yang ada di Microsoft Excel. Fungsi yang digunakan untuk membuat nomor urut juga tidak banyak, hanya 2 jenis fungsi saja yaitu fungsi Max dan Fungsi If. Dan ini juga sudah ada posting tutorialnya pada Microsoft Excel 2003 - 2010 dan Akuntansi .
Dengan demikian, tergantung anda menggunakannya. Yang mana yang paling mudah dan yang mana sesuai dengan kebutuhan.
SEMOGA ARTIKEL INI DAPAT MEMBANTU ANDA
--------------------------------------
--------------------------------------
Ok thx infonya sob... :)
ReplyDeletebanyak cara membuat nomor urut di excel sob, hanya bagaimana kitanya saja, pilih yang paling sesuai dan mudah. terima kasih sudah memberikan komentarnya pada blog ini.
Delete