tutorial office

Thursday, January 17, 2013
13
Ketika saya masuk ke dashboard blogger, dan melihat stats saya sedikit galau karena suatu kalimat hasil pencarian google mengarah ke blog ini. Kalimat tersebut seperti ini : cara membuat pas photo dengan word. Nah..., untuk menghilangkan galau saya itulah, maka serta merta saya mencoba menjawab atau menanggapi hasil pencarian tersebut dengan menulis artikel ini. Semoga ini dapat memberikan solusi bagi pencari cara membuat pas photo dengan word tersebut yang entah siapa. Meski tubuh saya terasa agak letih, tapi akhirnya anda bisa membaca Microsoft Word 2010 tutorial ini.

Membuat atau mencetak pasphoto dengan Microsoft Word bukanlah suatu hal baru bagi pengguna komputer, apalagi jika sudah dilengkapi dengan printer yang memadai. Untuk kepentingan ini ( Mencetak sendiri pasphoto dengan MS Word ) banyak tersedia di toko komputer kertas khusus untuk mencetak photo dari berbagai merek, type, ukuran serta jenis. Sehingga untuk Mencetak sendiri pasphoto dengan MS Word tidak akan menjadi sulit. Barangkali yang perlu diketahui adalah cara mencetak sendiri pasphoto dengan MS Word.

Berikut ini adalah salah satu cara yang dapat dipraktekkan sendiri baik di rumah maupun di kantor.

  1. Siapkan pasphoto anda ( bisa didapat dengan cara scanner pasphoto yang sudah ada, dari HP dan Camera digital, dari merekam sendiri melalui Web Camera )
  2. Tentunya MS Word di komputer anda harus aktif
  3. Mulai merancang format pencetakan

Langsung dari pasphoto yang sudah ada

Insert pasphoto
Jika sudah punya pasphoto di komputer, kita hanya perlu insert ke MS Word dengan memilih menu Insert, Picture dan browse dari komputer anda. Jika pasphoto tersebut sudah muncul, saya sarankan untuk setting Wrap terlebih dahulu dan memilih In front of text. Tujuannya adalah agar anda mudah menggeser pasphoto tersebut pada semua bagian lembar kerja di MS Word anda ( lihat petunjuk dalam bentuk gambar )

Setting Ukuran
Berikutnya adalah mensetting ukuran dengan merubah lebar dan tinggi gambar (pasphoto). Untuk yang ini coba lihat petunjuk agar anda mendapatkan ukuran yang pas sesuai ukuran pasphoto yang anda inginkan misalnya ukuran 2x3, 3x4 atau 4x6. Jangan lupa sebelum diperbanyak cetak dahulu untuk memastikan ukuran tersebut. 

Memperbanyak pasphoto
membuat dan mencetak sendiri pasphoto dengan MS WordPerbanyak pasphoto dengan mengcopy dan paste sehingga dalam satu kali cetak/print perlembar kertas anda mendapatkan banyak pasphoto.

membuat dan mencetak sendiri pasphoto dengan MS Word

Jumlah secara mendatar disesuaikan dengan ukuran pasphoto, ukuran pasphoto yang lebih kecil tentunya akan lebih banyak. Jika sudah selesai anda meng copas pasphoto tadi, tahap selanjutnya adalah membuat group dari jumlah pasphoto yang mendatar, dengan tujuan untuk paste kebagian bawah akan lebih mudah. Cara membuat group dapat dilihat pada petunjuk grouping yang pernah saya posting.
Semoga Microsoft Word 2010 tutorial ini dapat memberikan suatu manfaat bagi anda. Dan author blog ini menunggu komentar anda, mungkin banyak kekurangan harus diperbaiki.
Salam blogger.
SEMOGA ARTIKEL INI DAPAT MEMBANTU ANDA
--------------------------------------

13 comments:

  1. terima kasih untuk tutorial cara membuat pas photo di ms word

    ReplyDelete
  2. untuk hasil gambar nantinya sama di photoshop beda apa sama aja mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..., memang tidak ada beda, tetapi dalam proses tentu banyak bedanya. Photoshop adalah software yg khusus untuk editing, Microsoft Office adalah software pengolah kata.
      terima kasih sudah berkomentar

      Delete
  3. I want to thank you for a lovely morning visit. I wish you a nice day…http://fotisbazakas.blogspot.gr

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. @ΦΩΤΗΣ ΜΠΑΖΑΚΑΣ :
      thanks for visiting, I feel every day is a wonderful day for me. And thank you also you have been following this blog. Hope this makes us able to establish friendships.

      Delete
  5. keren, simple lagi, tapi kalo saya biasa pake sotosop bro langsung crop ukuran langsung print hehe.
    follow done.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Agung Nugroho:
      Untuk editing photo yang paling baik memang menggunakan software yang khusus untuk editing photo seperti photoshop, Corel, Photo Impact dan lain-lain.
      Tetapi mulai MS Office 2007, Microsoft melengkapi dengan Tools Format Image dan untuk itu saya bikin tutorialnya. he...he... memang simple sob, sehingga untuk hal-hal sederhana yg berhubungan dgn picture/image pengguna Ms Office tidak perlu lagi menggunakan software lain.

      Delete
  6. Replies
    1. setahun lebih yang lalu, baru sekarang bisa ditanggapi. he...he...he..

      Delete
  7. makasih tutorialnya nya om, bermanfaat sekali nih. sukron

    ReplyDelete
    Replies
    1. @maaf kepada semuanya, lama tidak blogging, baru kali ini bisa balas komentar karena baru aktifkan lagi blog ini. jadi baru lihat teman2 yg memberi komentar baru.
      @DAnish FathurRahman, terima kasih. semoga memang ada manfaatnya

      Delete
  8. @Anna Dainin : cari yang simple aja, mungkin banyak yang belum menguasai aplikasi photo editing, jadi salah satu solusinya adalah ms office 2010.

    ReplyDelete

 
Back To Top