tutorial office

Sunday, May 26, 2013
10
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Sampai dengan saat ini Blog ini hanya mengisi konten dengan berbagai ragam fungsi (rumus) yang diperuntukkan bagi pengguna aplikasi perkantoran berupa spreadsheet (Microsoft Office Excel maupun Opensource) dan belum ada 1 artikelpun yang membahas tentang aplikasi untuk presentasi seperti Microsoft PowerPoint, LibreOffice Impress maupun OpenOffice Impress.
Karena itu maka pada posting kali ini, admin jempot2-office mempersembahkan artikel pertama tentang aplikasi yang berhubungan dengan presentasi dan untuk yang pertama ini tentang  Microsoft PowerPoint 2010 yang akan mengulas pada tajuk cara memilih DesignTheme pada Microsoft PowerPoint 2010.
Tetapi mengulas tentang cara memilih Design Theme pada MS PowerPoint 2010 ini, ada baiknya kita mengenal apa fungsi dari Microsoft PowerPoint 2010 ini.
Microsoft PowerPoint 2010 (dan juga Microsoft Powerpoint versi dibawah maupun diatasnya) adalah suatu aplikasi yang bertujuan untuk memudahkan dalam aktifitas presentasi yang biasanya berhubungan dengan sosialisasi, publikasi, promosi dan juga edukasi. Penyampai atau pemapar disebut juga presenter dan pendengar disebut juga dengan audience. Sifat dari aplikasi ini adalah memberikan informasi ringkas dalam bentuk tulisan/kalimat, gambar, audio , video dan juga animasi. Dan presenter bertugas memberikan penjelasan yang lebih rinci.
Seperti yang telah disampaikan diatas bahwa fokus ulasan tentang Microsoft PowerPoint 2010 ini ada pada Design pada Microsoft PowerPoint 2010, maka akan kita uraikan berikut ini :
Banyak pilihan rancangan theme untuk powerpoint dan Anda akan dapat memilih salah satu yang sesuai dengan tema atau pokok pembahasan pada presentasi yang Anda rencanakan, diantaranya seperti pada gambar di bawah ini :



Cara Design Theme pada Microsoft Power PowerPoint 2010 untuk presentasi serta tips memilih theme pada Microsoft PowerPoint 2010

Untuk mendapatkan interface theme dari Microsoft PowerPoint 2010 ini, Anda memilih menu Design dari menu ribbon, kemudian memilih salah satu dari theme tersebut yang sudah tersedia pada Microsoft PowerPoint 2010.

Cara Design Theme pada Microsoft Power PowerPoint 2010 untuk presentasi serta tips memilih theme pada Microsoft PowerPoint 2010



Dan gambar di bawah ini merupakan screenshot dari contoh hasil pemilihan Design Theme pada MS PowerPoint 2010.

Cara Design Theme pada Microsoft Power PowerPoint 2010 untuk presentasi serta tips memilih theme pada Microsoft PowerPoint 2010

Dan ini adalah halaman pertama yang menjadi head atau kepala halaman yang dapat Anda isi dengan judul dan subjudul dari suatu topik yang akan dibahas pada presentasi Anda. Kemudian diikuti dengan halaman-halaman berikutnya yang tentunya berisi dengan uraian pembahasan dari materi presentasi tersebut.
Yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan Theme untuk presentasi Anda adalah :
Layout theme tersebut harus disesuaikan dengan materi pembahasan
Layout theme tersebut harus juga mempertimbangkan audience Anda dari berbagai sisi seperti kelompok umur, tingkat pendidikan, budaya dan juga hal lain yang berhubungan dengan daya serap pendengar anda. Karena tujuan dari presentasi adalah agar apa yang anda sampaikan atau paparkan tersebut mudah untuk dipahami atau dimengerti. Dan tentunya tujuan anda berpresentasi bisa efektif dan tercapai.
Demikian dulu posting tentang Microsoft PowerPoint 2010 tutorial ini, dan akan dilanjutkan pada tutorial berikutnya.
SEMOGA ARTIKEL INI DAPAT MEMBANTU ANDA
--------------------------------------

10 comments:

  1. selamat pagi sob.
    kalau buat powerpoint 2007 bisa gak yah. soalnya ane masih pake yang 2007 nih. heheeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ibnu Syamsun :
      design theme untuk Microsoft Power Point 2007 sama saja dgn yang ms powerpoint 2010. Paling juga hanya beda tipis. Kecuali screenshot yg tidak ada di ms powerpoint 2007.
      Salam blogger

      Delete
  2. makasih banyak buat reviewnya..
    ditunggu review software lainnya... :)
    keep posting...

    ReplyDelete
  3. ilmu baru yang dibutuhin banget nih, kebetulan saya sering pake powerpoint untuk presentasiin makalah tentang Ubi Cilembu.
    tengkyu ilmunya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. @pnet :
      Selamat datang di blog ini. selama yang saya tahu dan mengerti, saya selalu ingin berbagi.

      @Kang Cilembu :
      Bukan ilmu baru nih, hanya baru saya mulai untuk berbagi di blog ini.... he...he... Tentunya seru tuh Kang, presentasi dengan topik ubi cilembu. Semoga kesuksesan selalu menyertai setiap kali presentasi.

      Delete
  4. mantap boss...tepat sekali apa yang bung Kurnia sampaikan, asyik-asyik sedap tuh pake powerpoint. terimakasih sudah berbagi. Salam.

    ReplyDelete
  5. Mantap artikelnya, pengen nyoba sayangnya kagak punya ms. powerpoint 2010, kapan2 share link downloadnya dong hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @artenergic :
      untuk theme ms powerpoint, MSO 2007 juga sama kok,jadi bisa digunakan. Oh...ya..., untuk link downloadnya akan saya persiapkan. Memang niatnya begitu, hanya malas aja berhubungan dgn hosting. he...he....

      Delete
  6. Wah bagus nie, coba ngutak-ngatik MS Power Point ah..

    Thanks gan,

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Daniel Erick :
      silakan diutak-atik powerpointnya, asal jangan lupa makan, bisa sakit lho. he...he....

      Delete

 
Back To Top