tutorial office

Monday, May 20, 2013
9
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh ...
Hari ini tanggal 20 Mei 2010 bertepatan dengan peringatan hari Kebangkitan Nasional.
Dan hari ini juga  saya mencoba membahas fungsi  VLOOKUP dan kode barang di LibreOffice Calc. Tentang ulasan VLOOKUP dan kode barang di LibreOffice Calc juga pernah saya posting pada Hitung Jumlah Barang di LiberOffice Calc dan bedanya dengan posting kali ini adalah adanya penambahan kode barang pada salah satu kolom.
Ada suatu pertanyaan dari seorang teman yang sebenarnya belum saya pahami tentang bentuk filenya (susunan tabel, letak cell dan lain sebagainya), tetapi pada pertanyaan tersebut kira-kira dapat saya terjemahkan bahwa dalam penulisan notasi fungsi vlookup nya tidak memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan penulisan rumus dan fungsi vlookup pada LibreOffice Calc.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut saya coba sedikit menguraikan tentang notasi/penulisan yang memenuhi syarat fungsi vlookup di LibreOffice Calc.
Ada 4 syarat yang harus dipenuhi seperti yang tertera di bawah ini (masing-masing syarat tersebut saya buat berbeda warna) :

VLOOKUP dan kode barang di LibreOffice Calc


Jika dengan notasi rumus diatas menghasilkan data error  atau juga datanya tidak valid (hanya 3 syarat yang terpenuhi ) maka dapat pula dengan melengkapi ke 4 syarat tersebut sehingga menjadi seperti dibawah ini :
VLOOKUP dan kode barang di LibreOffice Calc

Tabel data dan vlookup dapat dilihat hasil screenshot dibawah ini :
VLOOKUP dan kode barang di LibreOffice Calc

Antara Tabel diatas dan vlookupnya saya buat pada sheet yang terpisah dengan nama masing-masing Data Penjualan dan Vlookup ( 2 sheet )
Jika pada posting saya tentang …. Harga barangnya di input secara manual, maka pada HITUNG JUMLAH BARANG DENGAN KODE BARANG (VLOOKUP) harga barang merupakan hasil dari fungsi rumus Vlookup sehingga yang perlu di input secara manual ada pada kolom Kode Barang. Untuk itu pada Cell D4 notasi fungsi rumusnya adalah =VLOOKUP(B4,Vlookup.$A$3:$B$25,2,0)
Sebagai pembanding cobalah mengutak-atik rumus ini dengan merubah sort order seperti :

=VLOOKUP(B4,Vlookup.$A$3:$B$25,2,1)
Barangkali disini Anda akan menemukan suatu hasil yang membuat jidat bergulung 7 he…he…he…

Bagaimana jika notasi rumus ini diterapkan di Microsoft Excel 2010?

VLOOKUP dan kode barang di LibreOffice Calc


Untuk penulisan rumus Vlookup.$A$3:$B$25 pada microsoft Excel 2010 menjadi         vlookup!$A$3:$B$25. Perhatikan tanda titik dan tanda seru yang berwarna merah.
Untuk fungsi vlookup dan kode barang pada Microsoft Excel 2010 notasi rumusnya menjadi  =VLOOKUP(B4,vlookup!$A$3:$B$25,2,FALSE) dan coba banding dengan notasi seperti ini =VLOOKUP(B4,vlookup!$A$3:$B$25,2,TRUE)

Cara penggunaan dan notasi fungsi vlookup yang pernah saya posting di blog ini yaitu pada Microsoft Excel 2010 sebagai bahan pembanding diantaranya adalah :
Cara membuat label undangan pada Microsoft Excel 2010
Microsoft Excel 2003 - 2010 dan Akuntansi

Semoga apa yang saya uraikan diatas dapat memberikan solusi bagi rekan yang mendapatkan permasalahan dalam menggunakan fungsi VLOOKUP dan kode barang di LibreOffice Calc.

LibreOffice Calc tutorial ini memang saya persembahkan bagi pengguna aplikasi perkantoran yang berbasis open source seperti LibreOffice, Apache OpenOffice maupun Open Source lainnya.

SEMOGA ARTIKEL INI DAPAT MEMBANTU ANDA
--------------------------------------

9 comments:

  1. siip boss vlookup nya. update terus boss, salam.

    ReplyDelete
  2. Misalkan di sheet(2) ada kode AB10 = 125, AB20 = 250 dan AC05 = 50, pada sheet(1) ada 4 kode, yaitu AB10, AB20, AB100 dan AC05, setelah rumus =vlookupnya ditempatkan di sheet(1), biasanya hasil AB100 mengambil data AB10 dan AB20, cara mengatasinya gimana Mas Kurnia? kalau sudah ketemu kasi kabar ya, TQ

    ReplyDelete
    Replies
    1. TCC:
      ya... masih ada stock
      Datok :
      kalau berkunjung lagi, coba tgl 24 mei 2013 sudah ada postingnya....
      salam

      Delete
  3. trims yea tas ilmunya kak,,
    sangat bermamfaat ni,,
    pas sangat buat saya ni,, bisa ngajar anak didik saya yang ada beberapa orang kak :)
    izin saya save ya kak :)
    salamm

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bustam :
      syukurlah jika tulisan dari blog ini bisa bermanfaat buat sobat. salam utk anak didik sobat ya..., semoga mereka cepat pandai. untuk save silakan.

      Delete
  4. sepp.......nice post gan, ijin nyerap ilmunya dulu.
    Nanti ane share dengan narasi berbeda tanpa menghilangkan sumber bacaannya dari sini.
    kalau berkenan silahkan kunjung balik ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Hasby Ash :
      silakan sob, jika mau share. memang baiknya dengan tetap mengacu kepada sumbernya. Oke ... saya akan berkunjung.
      salam

      Delete
  5. Replies
    1. @Jocker :
      2013? MS Office 2010 dan MS Office 2013 hanya beda tipis, 11-12 gitu. masukkan fungsi rumus ini yg untuk excel di excel 2013, pasti bisa..., hanya beda fitur dikitlah.
      totorial ini memang khusus untuk libreoffice Calc, tapi bisa untuk ms excel dari segala versi

      Delete

 
Back To Top