tutorial office

Thursday, December 20, 2012
2
Seperti pada posting saya yang pertama yang saya beri judul Welcome to Jempot-Jempot Mempawah bahwa saya akan berbagi pengetahuan tentang Microsoft Office, maka untuk pertama kali saya membuat artikel tentang Microsoft Excel 2010 tutorial dengan titel MICROSOFT EXCEL 2010 - FUNGSI PICK FROM DROP-DOWN LIST.
Oke sodara dan sodari, mari kita mulai.
MICROSOFT EXCEL 2010 - FUNGSI PICK FROM DROP-DOWN LIST
Jika anda ingin suatu kemudahan dalam mengolah data dengan Microsoft Excel 2010 dengan memanfaatkan drop down list (daftar data yang sudah anda input pada suatu kolom), dan ingin menginput kembali dengan salah satu data yang sama sehingga anda tidak perlu mengetik ulang lagi data tersebut, maka pada Microsoft Excel 2010 tersedia suatu fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Seperti pada gambar diatas, maka hal yang perlu anda lakukan adalah meletakkan pointer anda pada cell kosong dari suatu kolom, kemudian mengklik tombol kanan mouse, dan akan muncul menu selanjutnya pilih menu Pick From Drop-down list. MICROSOFT EXCEL 2010 - FUNGSI PICK FROM DROP-DOWN LISTHasilnya akan seperti gambar dibawah ini.
Pada Microsoft Excel, semua data yang sudah anda input ( mengacu pada kolom ) akan terekam oleh memory komputer, sehingga jika anda mengetikkan suatu data yang sama, maka memory akan mengirimkan info yang dimaksud. Sebagai contoh, anda ingin mengetik ulang nama kota Jakarta, maka ketika anda sudah sampai mengetikkan 3 karakter Jak maka memory akan menambahkan 4 karakter berikutnya yaitu arta, sehingga jika anda tekan tombol enter pada keyboard maka akan lengkap menjadi Jakarta, dalam hal ini anda sudah menghemat pengetikan 4 karakter. Cara ini juga dapat anda gunakan, selain pict from drop-down list tersebut diatas.
Mengapa setelah 3 karakter ( Jak ) baru memory mengirim info tentang Jakarta dengan menambahkan 4 karakter berikutnya  (arta)? Jawabnya adalah karena ada nama kota lain yang 2 karakter depannya berawal Ja yaitu Jayapura, sehingga memory harus memastikan karakter ke 3 apakah huruf k (untuk Jakarta) atau hurup y ( untuk Jayapura ). MICROSOFT EXCEL 2010 - FUNGSI PICK FROM DROP-DOWN LISTSaya yakin pasti anda mengerti maksudnya.

 Cara lain yang juga paling sering dilakukan adalah dengan menuju pada data yang sama, kemudian mengkopinya, dan mempastekan pada cell yang akan diinput datanya. Hasilnya juga sama. Hanya anda harus menaikkan atau menurunkan scroll bar.
Apapun caranya, yang penting benar dan happy. Iya kan? Tetapi tidak ada salahnya kita menambah  pengetahuan, siapa tahu suatu saat nanti lebih membuat efisiensi dalam melaksanakan suatu tugas.

Semoga Microsoft Excel 2010 tutorial ini dapat membantu Anda dalam menyelenggarkan dan memaparkan data lebih mudah.. 


SEMOGA ARTIKEL INI DAPAT MEMBANTU ANDA
--------------------------------------

2 comments:

  1. saya juga menyukai aplikasi ini,terutama untuk mengerjakan laporan yang berbentuk tabel,..sukses selalu untuk mu ga,....

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang aplikasi di ms office cukup familiar, jadi paling disenangi oleh banyak pegawai dan karyawan. trim untuk kunjungannya

      Delete

 
Back To Top