tutorial office

Friday, April 26, 2013
28
Kembali saya menemui Anda untuk berbagi sedikit pengetahuan dan pengalaman tentang Aplikasi Perkantoran.
dukungan Microsoft terhadap MS Office 2003 berakhir

Goodbye My Love
aku tak akan pernah melupakanmu
meski aku punya kekasih baru
selama kita hidup berdampingan
engkau begitu berjasa padaku
engkau pernah menjadi bagian dari hidupku
dan pergilah
pergi
dan
pergilah

Ternyata.....!
Pada jaman segini masih ngotot menggunakan Microsoft Office 2003?
Ternyata.....!
Bulan ini   (April 2013), karena banyak kegiatan offline maka hampir tidak punya banyak waktu untuk blogging, termasuk update blog ini. Oleh karena itu, saya usahakan untuk disempatkan untuk menulis dan tema yang diangkat adalah tentang masa berakhirnya dukungan dari Microsoft terhadap Microsoft Office 2003 dan juga OS Windows XP.
Sudah banyak yang mengulas tentang topik ini, dan semunya menyatakan bahwa Ms Office 2003 dan juga Windows XP akan sampai pada masa pensiunnya pada bulan April 2014 ( kurang lebih 1 tahun lagi).

Ternyata....!
Masih banyak juga pengguna MS Office 2003 yang enggan (malas) untuk bermigrasi ke MS Office diatasnya (MS Office 2007, MS Office 2010 dan MS Office 2013) apalagi jika menggunakan Open Source seperti Libre Office dan Open Office.
Dengan keputusan Microsoft untuk tidak lagi memberikan dukungan kepada MS Office 2003 dan Windows XP bukan berarti kedua software buatan microsoft ini tidak bisa dipergunakan, hanya saja untuk dukungan (update) sudah akan dihentikan pada tahun 2014 mendatang. Microsoft sudah menyiapkan penggantinya yang lebih baik (MS Office 2007, MS Office 2010 dan MS Office 2013). Untuk OS seperti Windows 7 dan Windows 8.

Ternyata....!
Bagi pengguna MS Office 2003 dalam pekerjaannya yang hanya berhubungan dengan surat menyurat dan pentabelan menganggap bahwa untuk apa belajar lagi karena selama ini semua pekerjaannya sudah cukup hanya menggunakan MS Office versi lama tersebut. Toh...yang penting hasilnya juga bisa dipergunakan sesuai dengan ketentuan.

Ternyata...!
Pengguna MS Office 2007 (lebih maju dari pengguna MS Office 2003) enggan untuk menggunakan MS Office 2010 itu hanya karena susunan menu sedikit berbeda. Karena Tools menu Print tampilannya sedikit berbeda dengan MS Office 2007 sehingga enggan untuk menggunakan MS Office 2010.

Bagaimana jika Undang2 Hak Cipta diterapkan? Untuk pengguna Microsoft harus membeli lisensi, harganya masih mahal untuk ukuran kantong sebagian besar masyarakat Indonesia, termasuk saya ( dan juga maunya serba gratis ).

Ternyata....!
Ada yang gratis...! Menggunakan software atau aplikasi buatan Open Souce seperti Apache Open Office, Libre Office, Kingsoft Office dan masih beberapa lagi yang semuanya itu diberikan secara cuma-cuma dan tidak perlu membeli lisensi, eh... juga enggan..... Tampilannya memang kurang menarik, bahkan dibanding dengan MS Office 2003 sekalipun. Tetapi kemampuannya tidak kalah dengan buatan Microsoft.

SEMOGA ARTIKEL INI DAPAT MEMBANTU ANDA
--------------------------------------

28 comments:

  1. hahaha... dan ternyata, apa yang di sampaikan pada artikel ini benar ada nya (masalah kantong dan masalah interface), juga banyak yang mengatakan, migrasi dari 2003 ke 2007 ke atas ribet pada Ribbon nya. Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kendala yg paling utama itu diantaranya takut salah. padahala menu ribbon itu tidak menggigit ya..., ternyata...., takut digigit ha..ha...

      Delete
  2. benar kata sobat di atas,, tapi kalau di pikir pikir benar juga kata admin, ga gigit kenapa harus takut ya...? mo ikutan nyoba ach.

    keep share

    ReplyDelete
    Replies
    1. wisata murah:
      coba aja, memang nggak gigit. kalau gigit lapor aja ke BNN. he...he....

      Delete
  3. Bener jg,,,, bhkan ada tmn yg bnr2 gak mau nyoba office 2007, pdhal yg lebih br dr 2007 udah ada, nah,,, gmn tuh,,,? Emang sih awalnyabingung,,, tp dcoba2 aja trus, nti lama2 nemu jg yg dcr. Tp klo yg dr open souce ky apa yaa,,,? Pie dptinnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setioningsih :
      selamat datang. untuk open source itu seperti apache open office, libre office dll. ada linknya kok di blog ini. dan juga tidak menggigit, cari aja ya.... gratis...tis....

      Delete
  4. Ternyata...
    Office 2007 itu lebih keren dari office 2003. Kakanya 2007 ane belum nyoba. Takut gak kuat pcnya. Thnks min infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentunya memang begitu, semakin tinggi versinya akan lebih banyak fitur tambahan. Untuk PC jika udah pentium iv dan ram 1gb udah bisa pakai office 2007. 500mb juga bisa tapi agak berat loadingnya.
      salam blogger

      Delete
  5. walah untung ane datang silaturahmi ke mari,, suer ane maniak xp, sebenarnya bukan maniak sih, tapi males ngoprek atau ngulik w 7 dan seterusnya, hehe

    thanks ya infonya, ini sangat bearanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. xp memang masih banyak penggunanya, hanya saja nantinya tidak ada support lagi dari Microsoft. yang happy aja

      Delete
  6. lebih keren lagi yang 2013 bro...( atut...ciyus???)

    ReplyDelete
    Replies
    1. TCC Sampit : setuju bro, versi terakhir selalu lebih keren dari versi sebelumnya.

      Delete
  7. Replies
    1. Aan Shared : trims untuk mantapnya dan juga bangetnya. ??? yang mantap itu apanya ya...he...he... (nanya nih)

      Delete
  8. Kalau UU Hak Cipta betul-betul diterapkan, 60% pengguna komputer di Indonesia bisa masuk penjara dan kena denda, termasuk saya, Hehehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul itu, kita ini 11-12 sob. ha...ha...ha...

      Delete
  9. mau ganti pake di atas 2003 takut ribet rubah format yang banyak kaya di kantor saya sob,... :|

    ReplyDelete
  10. pengen bisa bikin video tutorial tapi ilmunya belum cukup hohoho..

    makasih sharenya kak.. sempat bingung tadi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Didit W :
      Sebenarnya jika pakai Ms Office diatas 2003 justru lebih memudahkan, dan jika sudah punya format 2003 untuk ditatakerjakan dgn ms office diatas 2003 itu tdk ada masalah. Harus berani coba kok.

      Miz Tia :
      coba aja, pakai Cyberlink youcam,Camstudio atau lainnya. banyak software baik yg berbayar maupun opensource utk bisa bikin tutorial berformat video.
      Semoga sukses untuk semua rekan2.
      salam blogger

      Delete
  11. Pak,
    ada tertarik untuk mengajar OpenOffice ga? Yg modul Writer ama Calc nya aja. Paling private class kali yah utk 3-4 org. Bisa minta contact nya? Ini untuk daerah Jakarta Barat. Alamat email sy: sw.spooken@spamgourmet.com. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengapa pakai Anonymous?
      Saya anggap tawaran sobat adalah support untuk saya. Terima kasih banget. Sayangnya domisili saya tidak memungkinkan untuk ke Jakarta.
      Saya ada di Mempawah - Kalimantan Barat. Cukup jauh untuk bisa ke Jakarta Barat.
      Di Jakarta itu tempat domisilinya pakar2 Open Source, jadi tidak susah bagi sobat untuk menemukan mereka.

      Delete
    2. hihihi...bagus tuh tawaran nya bro, sayangnya di Jakarta ya. Salam.

      Delete
    3. TCC:
      itu namanya panjang umur panjang didapat (pepatah orang tua). Sesuatu yg tak terduga.
      Ketika matahari masih bersinar, dan bulan masih ranum cahayanya. Dan Allah SWT tak akan berhenti memberikan Kasih Sayang Nya.

      Delete
  12. Suport untuk Xp bakal dihentikan apakah berarti xp tidak bisa digunakan lagi, atau gimana nih?
    Maklum masih penguna xp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Djono:
      dgn tidak adanya support dari Microsoft bukan berarti tidak bisa digunakan. Sobat masih bisa menggunakan windows xp hanya saja jika selama ini selalu ada update dari microsoft, maka nantinya update itu dihentikan. Contohnya saat ini masih ada yg menggunakan windows xp sp2 yg sudah lama tidak dapat layanan lagi dari microsoft tetapi masih ada yg menggunakannya. Untuk windows xp sp3 yg akan dihentikan supportnya oleh microsoft pada periode april 2014 mendatang.

      Delete
  13. nice post to read, heee
    wah keren banget ne kotak komentarnya dan rame pula blog-nya, heee
    bagi dong sob tips nya !
    di tunggu ya tips nya di http://samboedy.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. @akang budi :
      makasih komentarnya sob. soal keren itu tergantung sudut pandang masing2 blogger. Kalau ramai itu juga tergantung bloggernya, jika rajin berkomentar pada blog lain tanpa pamrih ... ya.. tentunya akan mendapat kunjungan balik.

      Delete

 
Back To Top