tutorial office

Monday, December 31, 2012
2
Pada artikel saya kali ini, merupakan lanjutan dari artikel yang lalu dengan judul CARA MEMBUAT LABEL UNDANGAN DENGAN MICROSOFT EXEL 2010 BAGIAN 3, yang membahas tentang fungsi lookup. Pada contoh yang sudah saya paparkan, bahwa fungsi lookup adalah untuk melihat atau menampilkan suatu data-data tertentu dari suatu table pada area / wilayah tertentu yang sudah ditentukan. Hubungannya dengan CARA MEMBUAT LABEL UNDANGAN DENGAN MICROSOFT EXEL 2010 adalah untuk memudahkan pengguna atau user untuk melakukan pencetakan label tanpa harus menginput atau mengedit data satu persatu.  Karena jika menginput data satu persatu akan terasa lebih lama dan sedikit repot. Akan lebih baik membuat daftar sehingga sudah dapat dipersiapkan lebih awal yang jika sudah kelar semuanya langsung bias didistribusikan pada lembaran label dan dapat dikerjakan hanya dalam waktu yang lebih singkat dan juga dapat lebih teliti. Jadi fungsi lookup dapat menjadi fungsi pemanggilan data yang dibutuhkan dari suatu daftar / table.
=IF($A$1>MAX(DAFTAR!$B$6:$B$1501);"";VLOOKUP($A$1;DAFTAR!$B$6:$F$1501;2))

Pada notasi diatas, sebelum fungsi vlookup, saya menggunakan terlebih dahulu fungsi if. Fungsi if merupakan suatu fungsi yang dikondisikan kepada keadaan tertentu.
Sebelum saya menguraikan tentang fungsi if, disana juga ada fungsi max. fungsi max disini untuk mendapatkan nilai maksimal pada kolom nomor urut ( Cell b6 sampai dengan Cell B1501), jika jumlah data anda sebanyak 1000 daftar nama (nomor urut 1 sampai dengan nomor urut 1000), maka fungsi max nya adalah 1000, artinya angka paling besar pada kolom tersebut adalah 1000. Disini saya hanya mengandaikan, jika pada sheet dengan nama label, pada Cell A1 saya input angka yang lebih besar dari 1000 misalnya 1001, maka tidak akan muncul data apapun alias Cell kosong ( null / blank ). Tetapi jika pada Cell A1 saya input angka yang lebih kecil dari 1000, maka pada Cell B3 akan muncul suatu nama sesuai dengan nomor urut yang saya input pada Cell A1. Dan silakan cek pada daftar table anda, tentunya nama yang muncul pada sheet label anda sesuai dengan daftar table tersebut.
Ikuti juga posting saya yang sudah lalu :
CARA MEMBUAT LABEL UNDANGAN DENGAN MICROSOFT EXEL 2010 BAGIAN 3 
CARA MEMBUAT LABEL UNDANGAN DENGAN MICROSOFT EXEL 2010 BAGIAN 2 
CARA MEMBUAT LABEL UNDANGAN DENGAN MICROSOFT EXEL 2010 BAGIAN 1

Dengan demikian, semoga Microsoft Excel 2010 tutorial ini yang khusus membahas cara membuat label undangan dapat memberikan pengalaman bagi Anda, dan tentunya ini bagian dari proses kreatifitas yang dapat membantu Anda dalam menyelenggarakan suatu acara.

Berikut ini saya sertakan link download untuk contoh file sebagai bahan praktek rekan-rekan yang ingin membuat label undangan sendiri dengan Microsoft Excel baik Microsoft Excel 2007 maupun untuk Microsoft Excel 2003.
Selamat mencoba.


Sample Label Undangan MS Excel 2007 +
Sample Label Undangan MS Excel 2003
SEMOGA ARTIKEL INI DAPAT MEMBANTU ANDA
--------------------------------------

2 comments:

  1. ini mah blog informatif yang gak sombong bro... ilmunya gratis khan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngapain sombong bro, niatnya juga berbagi. kalau koment disini gampang kok, ada yang pakai anonymous juga oleh google didetek sebagai spam, jadi tinggal hapus saja. oke, makasih sudah berpartisipasi

      Delete

 
Back To Top