tutorial office

Tuesday, May 14, 2013
8
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakhatuh
Seperti janji saya pada posting saya tentang embed file dalam hal ini cara Embed MS Word pada MS Excel 2010 untuk mengulas rumus pada tabel, maka pada posting kali ini saya penuhi janji saya tersebut. Cara Menghitung umur dan Masa Kerja di excel dan OOO Calc  sudah pernah saya ulas. Prinsipnya sama saja, hanya disini ada perbedaan sedikit. Apa berbedaan itu? ( pasti ingat dengan lagunya Ari Lasso ya.... xi..xi..xi..).

Begini ceritanya....!
Lihat dulu gambar dibawah ini
cara memberikan tunjangan berdasarkan umur serta cara menyisipkan file MS Word ke MS Excel atau Embed MS Word pada MS Excel
Cerita I
Tentang penulisan tanggal lahir karena format OS saya format Inggeris maka notasinya adalah 8/17/1945. Sesuaikan dengan format komputer Anda untuk menulis tanggal tersebut

Cerita II
Langsung pada cara penulisan notasi rumus perhitungan umur.
Pada posting saya tentang cara Menghitung umur dan Masa Kerja di excel dan OOO Calc perhitungan umurnya langsung pada fungsi today sehingga hasil perhitungan dapat berubah jika file excel tersebut diaktifkan misalnya 1 bulan sekali. Dan perhitungannya akan bertambah 1 bulan dan seterusnya.
Rumusnya seperti ini : =INT((TODAY()-C24)/365) ---> untuk perhitungan tahun dan
=ROUND(((VALUE(TODAY())-C24-(INT((VALUE(TODAY())-C24)/365))*365)/30),0) ---> untuk perhitungan bulannya.

Karena asumsi saya bahwa untuk pemberian tunjangan tersebut pada posisi akhir pada tanggal 31 Desember 2012, maka rumusnya menjadi :
=INT((DATE(2012,12,31)-D18)/365) ---> untuk perhitungan tahun dan
=ROUND(((VALUE(DATE(2012,12,31))-D18-(INT((VALUE(DATE(2012,12,31))-D18)/365))*365)/30),0) ---> untuk perhitungan bulannya.
Perhatikan bagian rumus yang berwarna merah :
rumus diatas adalah TODAY() sedangkan yang dibawah adalah DATE(2012,12,31)

Cerita III
Untuk menentukan status tunjangan berdasarkan perhitungan umur (tahun), saya gunakan fungsi logila eh... salah (ma'af) maksud saya fungsi logika yaitu fungsi IF dan mengacu jumlah umur yang memenuhi syarat. Dan dalam hal ini kembali saya berhayal bahwa umur yang dapat tunjangan tersebut adalah lebih tua dari 60 tahun sehingga dalam penulisan rumusnya adalah :
=IF(F18<=60,"Tidak","Dapat")
Penjelasannya adalah jika perhitungan umur lebih kecil atau sama dengan 60 tahun, maka tidak mendapatkan tunjangan dan sebaliknya jika lebih besar dari 60 tahun akan mendapatkan tunjangan.

Cerita IV
Nah... disini memang menentukan....!
Jika tunjangan manula tersebut untuk setiap bulannya adalah Rp. 300.000,00 dan dibayarkan setiap 3 bulan sekali dan pada contoh itu adalah periode triwulan IV tahun 2012 maka rumusnya adalah :
=IF(F18<=60,0,3*300000)
Penjelasannya adalah :
Jika hasil perhitungan umur lebih kecil atau sama dengan 60 tahun, maka tidak dapat tunjangan alias nol rupiah, tetapi jika lebih dari 60 tahun maka akan menjapatkan tunjangan sebesar 3 bulan dikali dengan Rp.300.000,00 hasilnya adalah Rp.900.000,00 ( wah.... enak banget tuh, makanya cepat-cepat tua biar cepat dapat tunjangan kuik....kuik...kuik.....)

Anda dapat menyesuaikan notasi rumus tersebut sesuai dengan kondisi di worksheet anda. Posisi peletakan notasi rumus atau fungsi sesuaikan saja pada kolom, baris atau Cell. Pada contoh Cell F18 merupakan tempat saya memasang rumus untuk perhitungan umur (tahun).

Cerita V
Karena notasi rumus ini juga berlaku untuk OpenSouce seperti Apache OpenOffice Calc, LibreOffice Calc maka judulnya saya pakai Umur dan Tunjangan di Office dan tidak saya buat judulnya seperti Umur dan Tunjangan di MS Office, Umur dan Tunjangan di OpenOffice Calc atau Umur dan Tunjangan di LibreOffice.
Sehingga artikel ini bisa jadi untuk Microsoft Office 2010 tutorial, OpenOffice tutorial atau juga LibreOffice tutorial.

Cerita VI
Selesai sudah. Coba hubungkan kembali pada cara Embed MS Word pada MS Excel 2010 , karena artikel ini sebagai penjelasan cara menghitung umur untuk mendapatkan tunjangan.
Jika sudah memahami suatu yang dianggap sulit, maka berikutnya pekerjaan Anda akan lebih enjoy dan hilang sudah beban rasa takut salah.

Mau jadi bawahan yang disayang atasan?
Laksanakan dengan baik dan penuh ikhlas semua yang diperintahkan tanpa ada beban apapun. Karena itu adalah ilmu yang tidak didapat di sekolah manapun (jikapun ada hanya teori saja). Soal pembagian rezeki? Itu sudah diatur oleh Allah SWT. Amien......


SEMOGA ARTIKEL INI DAPAT MEMBANTU ANDA
--------------------------------------

8 comments:

  1. wah bagus banget artikelnya sob, saya coba dulu untuk langsung praktek biar lebih nyantol diotak kanan.hehe
    keep blogging & sukses selalu:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Salamun :
      praktek kan sob, siapa tahu nantinya jadi panitia hari kemerdekaan dan menyantuni manula di lingkungan sobat, jadi nggak susah lagi hitung umurnya. he....he.... salam blogge

      Delete
  2. hahaha...ada benar nya tuh. mantap bro, update terus ya. Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @TCC :
      hahaha....., iya...sob, setidaknya saya udah punya stok artikel sampai akhir bulan Mei ini. udah di jadwal 2 hari sekali terbit. special thanks for you

      Delete
  3. makasih tutorialnya, gan punya tutorial macro dan vb editor untuk excel ga? klo punya bagidong

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Hendry :
      makasih juga untuk kunjungannya, kebetulan saya juga sedang mencari tutorial untuk bikin Macro nih. dulu pernah mau coba Visual Basic, tapi telanjur kepincut sama Delphi jadi tidak diteruskan dan mungkin sudah nguap dari memory nih.

      Delete
  4. Ilmu banget nih. Belajar Office gak perlu jauh2 deh. Saya follow blognya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih..sob, berbagi sedikit pengalaman tentang Office dan itu juga terbatas yang saya tahu saja. makasih folbacknya

      Delete

 
Back To Top