tutorial office

Sunday, May 12, 2013
19
Assalammualaikum
Bapak-bapak, Ibu-ibu, Saudara dan Saudari serta Abang-abang juga kakak-kakak yang saya hormati. Tidak lupa pula teman-teman dan adik-adik yang admin jempot2 office sayangi.
Berjumpa kembali kita pada posting saya yang kesekian kalinya setelah lama jarang update blog ini. Dan kali ini saya akan sharing atau berbagi tentang Microsoft excel tutorial dengan topik pembahasan Embed file Microsoft Word pada Microsoft Excel 2010.
Masih ingat dengan cara Menyisipkan MS Excel pada MS Word ? Atau Cara Menghitung umur dan Masa Kerja di excel dan OOO Calc ?
Itu akan saya ulas lagi disini, tetapi topik utamanya adalah  Embed MS Word pada MS Excel 2010.

Apa itu Embed File?
Embed file adalah menempelkan suatu file yang berbeda format maupun fungsinya.

Dapatkah menulis surat atau laporan di MS Excel serapi pada MS Word?
Saya katakan dapat atau bisa. Karena di MS Excel kita dapat menyisipkan format MS Word agar tatanan atau susunan kalimat dalam suatu laporan bisa menyamai jika kita membuatnya dengan MS Word.

Bagaimana caranya Embed MS Word pada MS Excel 2010?
Untuk pertanyaan tersebut mari kita jawab dengan mengikuti penjelasan berikut ini.

Tahap 1
Klik menu ribbon yang bernama Insert

Embed MS word pada ms excel 2010
Arahkan pandangan Anda pada sudut kanan dari seluruh susunan menu Ribbon dan pilih menu ribbon yang bernama Object . Jika sudah ketemu klik aja, objectnya tidak menggigit kok.

Tahap 2
Jika sudah diklik maka akan muncul popup seperti gambar ini
Embed MS Word pada MS Excel 2010

Yang berwarna biru tersebut adalah pilihan kita yaitu Microsoft Word Document, maksudnya untuk menyisipkan format Microsoft Word pada lembar kerja di Microsoft Excel.
Klik bagian itu dan hasilnya terlihat seperti gambar dibawah ini
Embed MS Word pada MS Excel 2010

Tahap 3
Membuat format surat (ketikan surat) pada MS Word yang di embed ( tempel) pada Ms Excel. Pengaturan dan caranya sama dengan cara dan pengaturan umum di MS Word.

Embed MS Word pada MS Excel 2010

Dan akan menjadi seperti gambar di bawah ini

Embed MS Word pada MS Excel 2010

Anda bisa menambahkan shapes atau picture pada bagian ini.
Dengan demikian, maka Anda akan mendapatkan hasil yang lebih rapi seperti layaknya anda membuat laporan dengan MS Word itu sendiri.

Tahap 4
Membuat tabel pada MS Excel sesuai dengan format MS Excel itu sendiri. Dan tentunya Anda sudah mahir membuat format lembar kerja Anda.  Atau untuk latihan dapat mengikuti format tabel sesuai dengan gambar di bawah ini.
Embed MS Word pada MS Excel 2010


Tahap 5
Bagian bawah tabel sebagai penutup, bisa dilakukan seperti pada Tahap 1 s/d 3, tapi dapat pula dengan mengkopipastekan hasil yang diatas serta merubah kalimat sehingga menjadi kalimat sebagaimana biasanya kalimat untuk penutup surat.


Hasil dari screenshot (tentang screenshot ini pernah saya bahas pada SCREEN SHOT PADA MICROSOFT EXCEL 2010 ) pada mode Print Preview dapat dilihat seperti gambar dibawah ini
Embed MS Word pada MS Excel 2010

Mengenai rumus pada tabel, akan saya bahas terpisah. Tetapi prinsipnya hampir sama dengan cara menghitung umur dan masa kerja.

INTERMEZO
Pada contoh surat, saya hanya sembarangan saja.
Memang ada Jawa Utara?
Memang ada dinas pariwisata yang ngurusin orang tua jompo?
Memang ada singkatan MAKIN menjadi Manula miskin? Yang ada itu diantaranya RASKIN (beras untuk fakir miskin)
Atau memang ada bantuan seperti itu, yang ada biasanya Posyandu untuk manula.
He…he…, saya hanya ingin menyampaikan bahwa beginilah caranya jika ingin membuat surat laporan pada Microsoft Excel yang hasilnya serapi jika dibuat dengan Microsoft Word. Maknyus…. Kata Pak Bondan Winarno jika mencicipi kuliner yang enak.
Mengapa bikin surat pakai Microsoft Excel? Kan ada juga bikin surat itu pakai MS Word. Jika ada pentabelan yang sedikit ruwet rumusnya kan bisa insert table worksheet dalam hal ini MS Excel ( Menyisipkan MS Excel pada MS Word )
Ini hanya khazanah, sekedar menambah wawasan.
Yang menentukan cara kerja Anda hanyalah anda sendiri. Mudah atau susah, itu tergantung Anda. Tidak ada salahnya untuk mencoba, siapa tahu jadi ketagihan…., kayak makanan aja.
Oke sampai disini dahulu, semoga Microsoft Excel tutorial ini dapat memberikan manfaat yang baik bagi Anda dan Maknyus………..sssssss.
SEMOGA ARTIKEL INI DAPAT MEMBANTU ANDA
--------------------------------------

19 comments:

  1. mantap bro tutorial nya, update terus ya. Salam.

    ReplyDelete
  2. terimakasih pencerahannya tentang Embed MS Word pada MS Excel 2010 jelas neranginyam yg ga ngerti kaya saya jadi cepat faham//

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wisata Murah :
      semoga memang begitu Mas wisata, he..he.., yg penting kita tetap gembira dan berwisata dgn imaginasi.

      Delete
  3. Tutorial yang cukup bagus dan mudah untuk dipahami bagi newbie seperti saya dalam utak-atik Embed Word Microsoft Word Office 2010.hahay
    Terima kasih dan sukses selalu gan.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Salamun :
      terima kasih untuk supportnya, semoga memang tutorial ini bisa menambah pengalaman sobat. Embed word prosessor di Excel mudah untuk diterapkan.
      salam blogger

      Delete
  4. Iah nih sob dah lama sekali kaga update.
    Kayanya lagi sibuk di dunia nyata yah?.
    Keep going sob.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ibnu :
      iya... baru mulai bisa update lagi nih. Bln kemaren selain kegiatan offline, juga pengen adem dulu. he...he... makasih untuk supportnya.

      Delete
  5. Ternyata mudah ya, bekerja dengan Ms. Office, aplikasinya bisa dipadukan untuk menghasilkan tampilan visual yang terbaik.

    ReplyDelete
  6. setuju yang menentukan cara kerja kita adalah diri sendiri, mencoba yang baru dan kalo ia benar pasti akan membuat ketagihan kayak makan permen..hehee

    saya akan coba, kebetulan ini kerja saya tiap hari berhadapan excel dan words.
    banyak belajar banyak ilmu. kan?

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Rasito Rastam :
      Iya.., jika bisa memadukannya tentu akan banyak menghemat waktu, yg biasanya untuk mengerjakan pekerjaan yg sama 3 jam bisa dihemat misalnya jadi 1 jam, nah... penghematan waktu tsb bisa untuk blogging ha..ha...

      @Mbak Susan Lolo Bua:
      Betul itu.., banyak belajar banyak ilmu. Banyak bertanya banyak didapat, Jika banyak melamun apa ya....

      Delete
  7. nice share nya sob, heee
    makasih sudah mau share dengan kita

    http://samboedy.blogspot.com/2013/05/cara-pasang-tombol-like-facebook.html?google_comment_id=z12mzx4xlzrlgvgfo23uejcqzwfujfp3m&google_view_type#gpluscomments

    ReplyDelete
  8. qu dah follow, fallback ya,heee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akang Budi :
      mau follback tidak ketemu dengan gfc, di G+ udah lama jadi teman..., nah...

      Delete
  9. Kalau yang sudah menyisipkan excel di word tapi tidak terlihat tabel excelnya,melainkan hanya muncul tulisan embed.bagaimana cara menampilkannya kembali???? Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  10. SAYA MENAMPILKAN LEMBAR EXCEL PADA WORD DAN MUNCUL LEMBAR EXCEL SETELAH SAYA KLIK WORD NYA KOK TIDAK MUNCUL TABEL EXCEL SAYA DAN MUNCUL PERINTAH {EMBED.SHET 12} MAKSUTNYA GIMANA YA....SEHARUSNYA KAN SETELAH SAYA MEMBUAT LEMBAR KERJA EXCEL KETIKA SAYA KLIK LEMBAR WORD ..LEMBAR EXCEL MUNCUL DI LEMBAR WORD...MOHON PETUNJUKNYA

    ReplyDelete
    Replies
    1. solusinya cukup sederhana, hanya ALT + F9

      Delete
  11. mohon solusinya ya, apabila data kita di embed di excell bagaimana cara melihatnya kembali

    ReplyDelete

 
Back To Top